Jumat, 26 April 2013

MENCARI SPOT MEMANCING

Kegembiraan mancing bagi sebagian orang adalah banyaknya strike dan banyaknya ikan yang berhasil didaratkan. Untuk mendapatkan ini, pemancing yang memancing di alam liar atau wild fishing dituntut memiliki umpan, piranti dan fisik yang baik. Selain itu para pemancing harus memiliki kemampuan mencari spot ikan yang tepat.

Menurut buku Search and Rescue Survival Training yang diterbitkan USAF, ada 6 titik di sungai yang merupakan tempat favorit bagi ikan yaitu:
1. Di bawah semak yang menggantung yang menutupi permukaan air sungai.
2. Rerumputan yang lebat yang menutupi sungai.
3. Relung sungai yang membentuk arus balik.
4. Pertemuan arus sungai kecil.
5. Dibelakang bebatuan.
6. Pohon tumbang.

Sementara menurut beberapa pemancing jika kita ingin mancing ikan mujair yang besar, biasanya kita harus mencari sarangnya berupa lubang didasar danau/sungai. Teknik memancing mujair seperti ini dinamakan mancing lubang. Pemancing biasanya mengganggu sarang mujair consern dengan kebersihan sarangnya tersebut dengan butiran-butiran gabus.

Untuk mencari spot mancing yang tepat dilaut biasanya tergantung ikan target, teknik mancing, kondisi air serta umpan yang kita pakai.

Pemancing baronang biasanya memancing baronang pada spot yang ada karangnya dan banyak terdapat tritip, kerang serta lumut. Lokasi ideal biasanya didermaga, batrean pemecah ombak, bagang dll.

untuk lebih lengkapnya lagi silakan klik







Selasa, 23 April 2013

Cara Memiilih Benang Pancing Terbaik


Ada dua bagian senar yaitu main line dan hook line. Pemakaian senar juga harus kita sesuaikan dengan tujuan atau apa yang ingin kita dapatkan ketika kita memancing, apakah ikan kecil atau ikan besar. Dari jenis ikan yang akan kita pancing inilah diameter senar kita sesuaikan.
Hal pertama yang perlu diketahui dalam memilih senar adalah kualitas dari bahan senar tersebut yang masing-masing senar mempunyai ciri khas tertentu. Semakin bagus kualitas senar yang kita pakai, sudah pasti semakin mahal harganya.
Senar yang baik mempunyai mutu stabil. Senar yang baik ini dibuat dari bahan baku berkualitas, dengan menggunakan mesin yang baik dan dengan proses dan quality control yang baik pula. Kestabilan senar dimaksud adalah jika dibuat dengan quality control yang ketat seperti diameter, kekuatan (strength), kekuatan ikat senar (knot strength), perpanjangan senar pada saat ditarik , daya lentur dan ketahanan gesek 

Tips Hot Mancing Lele

Cara Mancing Ikan LeleCara mancing ikan lele membutuhkan seni tersendiri. Karena ikan ini ikan nokturnal yang aktif di malam hari maka memancing lele lebih baik dilakukan malam hari. Bukan berarti ikan ini tidak mau makan pada siang hari, tetapi pada malam hari lele akan lebih agresif dan lebih ganas. Ikan lele dumbo di kolam biasa juga dipancing siang hari. Namun memancing lele di alam bebas lebih mengasyikkan karena banyak tantangannya, apalagi kalau dilakukan pada malam hari.


Peralatan pancing yang diperlukan cukup perangkat ringan saja. Kail pancing ukuran 8 – 10, tali pancing/senar/kenur untuk ukuran berat ikan sampai 3 kg.  Tapi untuk mancing ikan lele kolam yang beratnya mencapai 15 kg tentu memerlukan tali pancing yang kuat. Joran pancing yang sesuai untuk berat ikan maksimal 3 kg, kecuali untuk mancing lele kolam yang besar. Jika mancing dilakukan malam hari tentu perlu peralatan pancing lain seperti senter, namun saat mancing usahakan tidak menyalakan senter ke arah air karena menyebabkan ikan lele sembunyi.
Selain itu mungkin dibutuhkan starlight alias alat pendar cahaya yang dipasang di ujung joran pancing sebagai penanda kalau pancing sudah dimakan ikan. Bisa juga menggunakan alat dering atau bunyi-bunyian sebagai penanda. Selain dengan pancing biasa, memancing lele juga bisa dilakukan dengan memasang tajur, yaitu sejenis pancing dengan joran pendek yang dibiarkan beberapa lama. Dalam waktu tertentu tajur tersebut dilihat apakah sudah dimakan ikan atau belum.
Untuk umpan pancing dapat diberikan berupa cacing tanah, potongan daging ikan, serangga, ulat, laron, dan kroto, jangkrik, kecoa dan serangga lainnya. Saya lebih sering menggunakan cacing tanah sebab cara mancing ikan lele dengan umpan ini lebih praktis. Ada untungnya jika memancing lele saat malam hari ini, sebab biasanya kalau siang hari umpan-umpan seperti cacing dan serangga akan terlebih dahulu dihabisi oleh ikan-ikan kecil seperti kepar atau puyu.
(kailpancing.com).

Sepot Pemancingan Lahor


Di bendungan Lahor, biasanya para pemancing mencari ikan nila, ikan mujair atau ikan tombro. Jenis yang terakhir sudah sangat jarang terdapat di sini. Memancing di daerah ini biasanya memakai umpan yang berupa lumut. Dengan direndam di rebusan bekicot, lumut menjadi lebih amis dan siap untuk dipakai…sst..umpan ini baru saya ketahui setelah mengetahui seorang pemancing yang mampu membawa pulang nila yang jumlahnya mungkin kalau ditotal lebih dari 20 kg. Wow…. Jadi biasanya kami memancing dengan umpan lumut biasa, namun semenjak direndam dengan air rebusan bekicot, hasilnya lebih baik..


Memancing di waduk Lahor bisa melalui dua lokasi, dari obyek wisatanya dengan membayar tiket, atau melalui kampung di sekitarnya seperti daerah Bendo, yang memang tidak ada lokasi parkirnya, sehingga kita harus parkir sepeda motor di rumah penduduk. Enaknya lagi memancing di daerah ini masih dapat merasakan dinginnya udara, karena pagi sampi siang masih tertutup pohon –pohon besar milik penduduk lokal. Kepanasan aja kalau sudah mulai sore hari.

Memancing ikan di Lahor memang sekarang menjadi sangat kurang peminatnya, dikarenakan pernah terjadi pembuangan limbah besar – besaran yang mematikan ribuan ikan, sehingga bibit – bibit ikan juga banyak yang mati juga, mungkin sampai 1 – 2 tahun kondisi ikan akan seperti ini. Memang bendungan ini menampung air dari sungai besar dyang lewat kota dan kabupaten malang. Dan kemungkinan pembuangan limbahnya juga semakin besar juga.

Jumat, 19 April 2013



ikan Betok termasuk indemik asli ikan indonesia. Ikan paling gampang dipancing baik secara glosor dan pelampung gantung. Umpanyang disuguhkan pemancing adalah cacing, entung, cangkilung, remahan mie instan, laron, poa (sejenis rayap), perla (anak kecoa), jangkrik kecil dan belatung. Agar ikan ini ngumpul di spotnya lalu chuming (bom) pakai kroto. Bisa juga chumming pakai ulat bambu/cankilung potong-potong pakai cutter/silet,sekaligus dipakai buat umpan juga.
Ikan betok di rawa atau danau, mereka sukanya tinggal di bawah tumbuh-tumbuhan air seperti enceng gondok atau kapu-kapu, di daerah yang tidak terlalu dalam. Tempat favorite ikan betok itu jika mancing dari pinggir danau adalah lokasi yang banyak tumbuhan airnya atau ada semak-semak yang menjorok ke atas ai. Nah dilokasi itu umpan cacing dan mata kail yang kecil saja digemari ikan betook. Caranya cacingnya dipasang secara panjang, melambai-lambai. Lalu memancingnya di gantung dengan pelampung.ikan Betok termasuk indemik asli ikan indonesia. Ikan paling gampang dipancing baik secara glosor dan pelampung gantung. Umpanyang disuguhkan pemancing adalah cacing, entung, cangkilung, remahan mie instan, laron, poa (sejenis rayap), perla (anak kecoa), jangkrik kecil dan belatung. Agar ikan ini ngumpul di spotnya lalu chuming (bom) pakai kroto. Bisa juga chumming pakai ulat bambu/cankilung potong-potong pakai cutter/silet,sekaligus dipakai buat umpan juga.
Ikan betok di rawa atau danau, mereka sukanya tinggal di bawah tumbuh-tumbuhan air seperti enceng gondok atau kapu-kapu, di daerah yang tidak terlalu dalam. Tempat favorite ikan betok itu jika mancing dari pinggir danau adalah lokasi yang banyak tumbuhan airnya atau ada semak-semak yang menjorok ke atas ai. Nah dilokasi itu umpan cacing dan mata kail yang kecil saja digemari ikan betook. Caranya cacingnya dipasang secara panjang, melambai-lambai. Lalu memancingnya di gantung dengan pelampung.
Ikan Betok agresif sama umpan bergerak. Kalau ikan betok main di pinggir begini biasanya ada sepasang, dan sangat agresif kalau ada yang mendekati sarangnya. Jadi mancingnya dilempar saja dan d gerak-gerakan sedikit umpannya pasti langsung nyamber. Tapi kalau di satu spot setelah dapat 2 ekor terpancing pindahlah ke spot semak-semak yang lain lagi, karena ikan betok yang lain jarang yang mendekati sarang yg lain.
Menurut pancinger ikan betok bahwa ikan ini baru meninggalkan sarangnya kalau sudah sore menjelang maghrib, atau kalau panas kemudian hujan dan panas. Untuk mensiasati hal ini anda bisa mancing glosor dengan timah bawah dengan pelampung, isi 2 atau 3 kail, pakai umpan cacing yang bergerak dan pelet amis untuk baunya sebagai bom.

Rabu, 17 April 2013

Tatacara Memilih Kekili dan Joran




Panduan Membeli
Membelilah mengikut kemampuan. Murah atau mahal tidak menjadi masalah asalkan memberi ‘perkhidmatan’ terbaik untukmemancing. cuman kebiasaan yang mahal mempunyai kualitas yang agak sempurna. Jika memilih joran fikirkan adalah yg sesuai dengan gayamemancing anda. Untuk kegunaanmemancing di laut,memancing di sungai,memancing di muara, memancing di tasik atau sebagainya.
Bahan Alat memancing – Alat memancing, diperbuat dari gentian kaca, grafit atau gabungan karbon seperti boron atau grafit kevlar. Bahan-bahan ini sebenarnya mempengaruhi gaya memancing anda. Jika anda memegang joran untukmemancing dalam jangka waktu yang lama atau ketika melakukan ‘casting’, joran yang sesuai adalah jenis joran memancing aksi ringan, supaya tangan anda tidak cepat lenguh.
Joran dari jenis karbon dan grafit adalah lebih ringan dan lebih mahal dari joran dari jenis gentian kaca. Joran untuk kekili mendatar mempunyai bilangan cincin antara 5 hingga ke 7. Jumlah yang seimbang memberi lenturan yang seimbang. Ketika membeli joran, anda hendaklah memeriksa cincin joran dengan teliti, kerana walaupun joran anda kelihatan baru terdapat juga cincin yang rosak atau retak dimana ia boleh merosakkan tali pancing anda.
Bentuk cincin joran – Terdapat tiga jenis cincin yang boleh didapati :
  • Cincin joran berkaki tiga
  • Cincin joran berkaki empat
  • Cincin Joran berkaki tunggal
Didapati bahawa cincin berkaki tunggal dan berkaki tiga lebih baik kerana ia lebih elastik, dimana ia akan dapat mengikut lenturan joran, manakala jenis cincin joran berkaki empat tidak dapat berbuat demikian.
Pemegang joran – pemogan joran untuk memancing yang popular ialah dari jenis gabus dan span
. Pemegang gabus kelihatan sedap dipandang dan sudah tentu harganya lebih mahal sedikit dari jenis span.
Sekiranya anda memilih joran yang mempunyai 2 bahagian, pastikan sambungannya mestilah padu dan kukuh. Penyambung yang bagus akan menghasilkan bunyi ‘pop’ apabila ditanggalkan.
Seperti joran, penghasilan kekili juga semakin advance dan menarik, alas bebola (ball bearing) telah ditambah sehingga mencapai 11 biji. Sebenarnya penggunaan alas bebola ialah untuk melancarkan pergerakkan gelendung. Sebenarnya alas bebola tidak begitu penting tetapi ia dapat memberi kelancaran apabila digunakan. Kekili juga mempunyai peraturannya sendiri seperti jika ia hanya mampu menampung kekuatan 6 kg dengan tali sebesar 20 paun tapi anda menggunakan kekuatan 30 – 40 paun kesannya akan ditinggalkan pada gigi gear dan shaf utama. Adakalanya gigi gear tertanggal dan shafnya akan bengkok, seterusnya ia akan mula mengeluarkan bunyi yang kurang enak didengar. Kedua-dua bahan ini amat perlu dijaga untuk penggunaan jangka panjang. Pastikan pemilihan joran, kekili serta tali bersesuaian barulah peralatan anda dapat bertahan lama.

Saat terbaik memancing dilaut





Secara teori pemancingan di laut dapat dilakukan dalam setiap waktu, mengingat kegiatan memancing dapat dilakukan kepada berbagai jenis ikan secara acak. Kita tentu tahu bahwa ikan di laut memiliki kebiasaan makan yang berlainan, ada yang mencari makan di siang hari dan ada pula yang memiliki kebiasaan makan di malam hari. Sehingga tentu saja pencarian ikan dengan cara memancing sebenarnya dapat dilakukan kapan saja baik siang maupun malam.


Pengaruh utama pemancingan di siang hari adalah adanya sinar matahari yang menyebabkan suhu air meningkat. Umumnya jika air semakin panas, ikan akan turun dan berada di tengah perairan dan bahkan berada di dasar perairan serta di sela – sela karang yang dijadikan perlindungan bagi ikan tersebut. Semakin terang matahari menyinari dan semakin tinggi suhu maka ikan mencari perlindungan di dalam air. Namun jika udara terlalu dingin, ikan juga menjadi malas makan. Suhu sedang antara 25 – 35 derajat celsius merupakan suhu terbaik bagi pemancingan

Biasanya ikan memiliki rasa lapar yang sangat jika pagi hari mulai datang, saat ia bangun dari tidurnya dan sedang aktif – aktifnya mencari makan ia akan menjadi agresif terhadap umpan ikan. Para pemancing yang memancing di laut biasanya menggunakan momen ini sebagai saat yang tepat untuk memancing karena biasanya ikan yang lapar akan memakan umpan kita dengan lebih cepat, dan jika beruntung anda bisa mendapatkan ikan sampai siang harinya terutama jika cuaca cerah.

Sore dan malam hari adalah saat tersulit untuk memancing, penggunaan lampu dan alat penerang lain seperti petromaks dapat dijadikan alat untuk menarik perhatian cumi – cumi sehingga mudak dipancing. Pemancingan ikan dimalam hari hanya bisa dilakukan kepada ikan karang seperti ikan kakap, kerapu dan berbagai ikan karang lain semacam hiu totol. Cara pemancingan jenis jigging mungkin masih bisa dilakukan dengan umpan yang luminous atau berpendar di saat gelap.

Pemancingan memang tujuannya adalah untuk bisa mendapatkan ikan, dan dengan mengetahui pola waktu makan ikan yang tepat, kita bisa menentukan kapan kita bisa memancing, termasuk umpan apa saja yang dapat kita pakai untuk memancing. Kapanpun kita mau memancing asal mengetahui pola makan ikan, maka kita bisa mendapatkan ikan pancingan yang kita inginkan. 

Selasa, 16 April 2013

Tips Rangkaian Pancing Untuk Ikan Bawal

Jika anda ingin memancing ikan bawal, maka anda harus mengetahui bagaimana cara menancingnya dengan baik. maka itu saya akan memberikan tips bagaimana cara merakit rangkaian pancing untuk ikan bawal :


1. Nilon / Seling / Senar / Nikelin
2. Pancing / Mata Kail Ukuran 4/5
3. Kili-kili ( Swivel)
4. Timah (pemberat) : sebesar biji jagung
5. Joran dan Kenur / Senar
6. Pelampung



RANGKAIAN BERPELAMPUNG


Rangkaian berpelampung merupakan rangkaian umum yang banyak dipakai pemancing, karena isyarat deteksi mudah dibaca. Pemasangan pelampung cukup mudah bila digunakan peniti khusus pelampung dan karet pembatas khusus (stopper) yang membuat rangkaian tadi menjadi praktis di joran anda. Rangkaian berpelampung ini sangat cocok diterapkan pada air yang tenang atau berangin sedang dengan kedalaman maksimal 2 meter. Ukuran kedalaman air harus tepat agar jarak pelampung dengan umpan tidak terlalu panjang yang dapat membuat ikan luput dikenai saat joran dihentak, jangan pula terlalu pendek sehingga pelampung tenggelam atau umpan mengambang.


RANGKAIAN GLOSOR


Keuntungan dari rangkaian ini antara lain yaitu dapat dilontarkan lebih jauh lagi ke tengah, mudah mendeteksi umpan yang disambar ikan sebelum umpan tersebut mencapai dasar, jarang membuat kenur anda dengan kenur pemancing lain saling mengikat (kusut) dan anda tak perlu memicingkan mata karena melihat pelampung yang jauh namun cukup melihat tempat masuknya kenur ke dalam air atau merasakan umpan yang termakan dengan sentuhan jari anda bahkan terkadang mata kail akan tertancap sendiri tanpa perlu anda menggentak lagi.


Karena gigi bawal yang tajam, maka perlu pemikiran khusus untuk rangkaian pancing. Para pemancing biasanya menggunakan kawat seling untuk mengatasi gigi bawal, tapi saya lebih memilih memakai benang nylon yang dipasangi kelem (pipa besi kecil). Karena benang nylon tidak kaku seperti seling, sehingga mudah dihisap oleh ikan. Untuk model rangkaian dan jumlah mata kail yang dipakai tergantung kesukaan dan kebutuhan. Yang terpenting adalah rangkaian di dekat mata kailnya.

Untuk Lebih Paseh lagi silaan liat di :

Mancing Bawal Dengan Cara Kasting




Cara mancing bawal di kolam pemancingan dengan kasting memakai minnow ataupun spoon tidak sepopuler cara mancing tradisional.

Layaknya kolam pemancingan, kolam paling dalam atau lubang atau kolam biasanya terletak di tengah-tengah kolam. Ini sebenarnya dalam rangka memulai saat mancing di kolam sehingga dimanapun posisi pemancing berdiri mereka memiliki kesempatan yang sama terhadap wilayah ikan.
  • Sebelum memulai kasting perhatikan dahulu kondisi permukaan kolam. Jika banyak tenggakan di kolam, maka umpan minnow pun sudah cukup karena itu artinya ikan banyak naik ke dekat permukaan. Tetapi jika sedikit tenggakan mungkin anda perlu memasang spoon karena itu artinya ikan sedang dekat dengan dasar. Minnow atau spoon yang bisa dipakai antara ukuran 3 cm sampai 5 cm. Jangan lupa perhatikan kualitas bahan yang terpasang di minnow ataupun di spoon Anda. Jika yang terlalu murahan baiknya hook diganti dengan yang cukup baik agar tidak lempeng saat disambar bawal. 
  • Piranti yang Anda butuhkan cukup yang kelas ringan. Joran kelas 1000, 2000 sudah cukup. Tali mono cukup kelas antara 6 lbs sampai 8 atau 10 lbs. Tapi tambahkan leader agak besar di ujung tali (sekitar 20 lbs) untuk menahan gigitan bawal. Jika semua piranti sudah siap di genggaman kemudian kastinglah sampai menjangkau areal ikan tersebut. Lebih baik jika bisa melewati areal itu. Tetapi karena kolam pemancingan biasanya ramai maka jangan memaksakan kasting jauh-jauh kecuali akurasi Anda sudah sangat baik. Karena jika lemparan Anda buruk dan sering menyangkut ke garis penbatas Anda biasanya akan diomongin atau diteriakin di sangka g bisa mancing haha"
  • Kemudian setelah lure Anda menyentuh permukaan kolam, gulung ril dengan sangat pelan agar minnow tidak jatuh dan jika memakai spoon pertahankan pada kecepatan “asal tidak menyentuh dasar kolam”. Bersiaplah karena bawal pasti akan menyambar umpan Anda lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Anda tentu tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi sambaran. Maka ikan pun akan pasrah tersangkut di kail Anda. Salah satu keasyikan tersendiri memancing bawal dengan Kail Blup adalah ikan yang menyambar kail kita rata-rata ukurannya lebih besar dibanding yang menyambar umpan-umpan tradisional.
Dan satu lagi yang paling penting ----->
Saatnya anda praktekan dan janga lupa ingat solat saat memancing hahaha

Minggu, 14 April 2013

Trik Upan Ikan EMAS


Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara membuat resep umpan rahasia ikan Mas yang biasa saya gunakan dalam memancing, resep ini tergolong murah juga mudah sekali didapatkan di pasaran ataupun di toko pancing dan yang terpenting tidak akan mengecewakan anda,  langsung saja simak dibawah ini.
Bahan yang diperlukan :
1.       Dua bungkus Mie Intant Ex: Kari ayam dll
2.       Dua butir telur ayam kampung
3.       Satu  sendok makan susu bubuk Ex:Enfamil dll
4.       Satu  sendok teh keju Ex: Kraft
5.       Dua sachet  bubur bayi beras Ex: Cerelac dll
6.       Satu ons Kroto

Cara membuat :
Mie instant diblender sampai halus lalu diaduk dengan Telur kalau saya biasa pakai putihnya saja yang sudah dikocok. lalu dimasukkan Keju yang sudah diparut dan diaduk.
Pemanasan diteruskan dengan api kecil. Bahan-bahan lain kemudian dicampurkan.
Selama pengadukan, api harus tetap kecil supaya adonan tidak hangus.
Setelah warnanya agak kuning, Bubur Bayi Beras dimasukkan dan diaduk lagi.
Adonan didinginkan sebelum dimasukkan kedalam wadah/ tempan umpan untuk disimpan.
Bubur Bayi Beras berfungsi untuk pengeras umpan. Apabila saat dipakai umpan terlalu lembek ( mudah hancur ),  dapat ditambahkan lagi.
Dan yang terakhir Sebelum dipakai umpan harus dicampur rata dengan Kroto secukupnya.

DAN

yang terpenting dalam memancing adalah kita harus tahu waktu maksudnya kalalu sudah masuk waktu sholat ya kita harus mengerjakan ibadah tersebut, lalu apabila sudah waktunya makan ya kita istirahat dan makan dulu jangan ikan terus yang dikasih makan dan yang terpanting juga sebelum kita memancing adalah harus ada izin/ senyuman  dari keluarga.

Selasa, 09 April 2013

Teknik Mancing di Laut Dengan Menggunakan Pelampung


Cara mancing laut berpelampung lebih sederhana dibanding mancing dasaran. Teknik ini dilakukan untuk menghindari dari tersangkutnya umpan dari karang atau objek lain di dasar laut.

Gunakan joran berukuran panjang lebih dari dua meter dan bahkan lebih agar bisa melempar umpan jauh ke tengah saat mancing dari pinggir laut dan di atas karang. Dan gunakan joran yang berukuran panjang cukup agar lebih leluasa melempar umpan dari tengah laut di atas kapal/perahu mancing.

Berikut  Salah satu situs yang saya temui untuk lebih lanjutnya lihat link di bawah ini :